Kamis, 28 Mei 2009

Berani Bermimpi Besar

Allah yang kita sembah adalah Allah yang besar. Dia sudah menanamkan benih visi dan mimpi yang besar di setiap manusia, tidak peduli ras, agama atau umur. Karena visi-Nya yang besar, Tuhan tidak ingin melihat kita hidup bermental status quo, yaitu hidup yang tidak jelas arah tujuannya, sekedar puas hidup, tanpa ada kemajuan atau terobosan.

Seorang hamba Tuhan di Houston, Texas, USA bernama Joel Osteen, semula ”hanya” membantu sebagai soundman di gereja ayahnya, yaitu John Osteen. Tahun 1999, ayahnya meninggal dan seluruh penatua gereja serta ibu Joel sepakat untuk Joel Osteen menggantikan ayahnya. Banyak orang meragukan kemampuan Joel, mereka menanyakan apakah Joel bisa memakai sepatu ayahnya, apakah Joel bisa mencapai tempat yang telah dicapai ayahnya. Dia diam sejenak dan menjawab: “Dengan sangat rendah hati, aku berkata bahwa aku akan melakukan jauh lebih besar daripada yang telah dicapai ayahku.”

Bukanlah suatu kesombongan ketika Joel Osteen mengatakan ia dapat melakukan jauh lebih besar daripada yang ayahnya telah raih. Bahkan ini merupakan suatu deklarasi yang rendah hati. Kenapa? Karena ia mengakui dan tunduk pada kehendak Tuhan atas hidupnya.

“Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita.” – Efesus 3:20

Ukuran kemauan seseorang untuk menjadi besar dan hebat dapat terlihat dari sikap, cara berbicara dan cara berpikirnya. Tara Holland akhirnya berhasil menjadi Miss America 1997 setelah dua kali ”hanya” berhasil menjadi runner-up Miss Florida pada tahun 1994 dan 1995. Posisi runner-up sempat membuatnya kecewa, tapi kegagalannya tidak membuatnya mundur. Tara membeli ratusan video dari berbagai acara pemilihan ratu kecantikan. Dia belajar dari video-video tersebut. Kemudian Tara pindah dari Florida ke Kansas City. Tahun 1997 dia menang sebagai Miss Kansas City dan akhir 1997, dia berhasil menjadi Miss America. Mengenai kesuksesannya, Tara berkata: “Saya membuang semua kekecewaan karena kegagalan dan saya melihat diri saya beribu-ribu kali memakai mahkota kemenangan itu.”

Apakah Anda mempunyai gambaran kemenangan dalam hidup Anda?

Kunci utama untuk menjadi besar adalah membuang semua kekecewaan, kepahitan dan sikap busuk lainnya. Satu-satunya penghalang untuk menerima yang terbaik dari Tuhan adalah cara berpikir yang salah. Yesus berkata di Matius 9:17 bahwa Anda tidak akan bisa menerima visi baru jika Anda tidak lepas dari kantong anggur (pola pikir) yang lama. Berarti Anda tidak akan bisa melihat visi Tuhan jika Anda masih mempertahankan sikap dan kelakuan Anda yang lama.

Jadi, buang kantong anggur Anda yang lama. Buang pola pikir yang lama. Berani impikan hal-hal besar yang Anda belum pernah bayangkan sebelumnya. Imaginasikan gambaran masa depan Anda yang penuh dengan kelimpahan dan kuasa, seperti janji-Nya di Yeremia 29:11.

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” – Yeremia 29:11

Syalom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan Yang Bermanfaat